Minggu, 17 Februari 2013

Definisi Tajuk Rencana


Tajuk rencana adalah salah satu karya tulis yang berisikan pendapat dan opini tentang perisita atau kejadian yang baru-baru ini terjadi. Tajuk rencana ini biasanya mudah ditemukan di dalam media massa cetak. Biasanya tajuk rencana ditulis oleh redaktur media massa di dalam kolom khusus dan berisikan fakta atau tanggapannya terhadap hal atau peristiwa yang sedang hangat-hangatnya untuk diperbincangkan.

Opini yang ditulis di dalam tajuk rencana adalah pendapat pribadi penulisnya. Karenanya jika pendapat tersebut dibahas orang lain mungkin akan menimbulkan pendapat lain yang berbeda. Sedangkan fakta di sini berperan sebagai dasar pengembangan opini atau pendapat penulis tajuk rencana tersebut.

Di dalam penulisannya tajuk rencana membahas masalah yang ada di tinjau dari sudut pandang pribadinya. Berikut ini contoh tajuk rencana yang berhasil saya kutip untuk memudahkan pemahaman kita tentang bagaimana sih tajuk rencana itu.

Contoh ::

Menurunnya debit air di dalam hitungan bulan, tampaknya akan menjadi pembenaran akan prediksi ahli tentang krisi yang terjadi di palembang. Banyak penyebab menurunnya debit air ini salah satunya adalah penebangan liar yang tak terkendali lagi.

Belum lagi akibat dari berbagai kebakaran hutan yang terjadi yang menyebabkan menurunnya debit air beberapa centi. Pihap PDAM stempat melakukan pengukuran terhadap debit-debit air yang ada untuk memprediksi seberapa lama kekeringan akan terjadi. Beberapa daerah juga mengalami penurunan yang sama setelah dilakukan pengukuran.

Jika tidak ada upaya penanggulangan terhadap hal ini diprediksi lahan gundul akan terus meningkat. Akibatnya kekeringan akan terus melanda daerah ini. Reboisasi dirasakan perlu untuk menanggulangi masalah sekaligus menjadi solusi jangka panjang bagi kekeringan yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar